Macam-Macam Menu Buka Puasa dan Sahur

Baca Artikel Lainnya Di Sini
Macam-Macam Kumpulan Resep Menu Sehat Bergizi Berbuka Puasa dan Sahur Terbaru Terlengkap ramadhan 1438 H 2017. Memasuki Bulan Ramadhan 2017 kali ini, sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik, yang semestinya kita siapkan dalam sajian menu buka puasa dan menu sahur dalam sebulan kedapan. Aneka hidangan menu untuk berbuka puasa yang baik sudah tentu adalah makanan yang sehat.

Macam-Macam Menu Buka Puasa dan Sahur

Bermacam-macam buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan menu makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari menu takjil untuk berbuka puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam menu buka puasa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.
  • Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan  ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  • Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Kumpulan menu takjil yang manis untuk buka puasa dan masakan utama atau makan besar yang tentunya bisa juga digunakan untuk daftar menu sahur. Untuk memenuhi akan kebutuhan variasi dalam resep menu buka puasa dan sahur yang enak, simpel, ekonomis dan sederhana atau murah meriah bahkan cocok untuk anak kost, berikut kami rangkum beberapa contoh kreasi resep menu buka puasa 2017 yang sehat praktis di bawah ini :

#Resep Menu Buka Puasa


Kreasi kuah kolak yang gurih dan segar meski diolah secara sederhana dan praktis. Kita dapat mengkombinasikan dengan aneka bahan pendamping pisang, seperti kolang-kaling, ubi, nangka, maupun bahan lain sesuai selera bunda.


Menikmati singkong dengan saus vla yang kental bisa menjadi alternatif dalam menyantap singkong yang lezat. Kolak singkong ala thailand dengan cita rasa manis dan gurih ini sudah sangat populer di Indonesia.

lihat selengkapnya disini 
Baca Artikel Lainnya Di Sini

Bagikan :

Tag : Masakan
0 Komentar untuk "Macam-Macam Menu Buka Puasa dan Sahur "

Emoticon

Atas